Pilih Toyota Kijang Innova Bensin atau Diesel?

Pilih Toyota Kijang Innova Bensin atau Diesel?

Pilih Toyota Kijang Innova Bensin atau Diesel?

Toyota Kijang mulai ditawarkan dalam dua pilihan mesin - bensin dan diesel - sejak generasi ‘Kijang Kapsul’ 1997. Adanya mesin berbahan bakar solar, untuk melawan kedigdayaan Isuzu Panther sebagai penguasa minibus diesel saat itu. Konsumen pun dihadapkan pada pilihan antara mesin bensin yang boros atau diesel yang irit namun berisik dan getarannya sangat besar. Maklum, teknologi diesel masih kuno. Mitos lain yang berkembang, membuat mesin diesel di mobil penumpang tidaklah sesukses bensin.

Peralihan teknologi terjadi di era Kijang Innova generasi pertama di 2004. Teknologi commonrail dan turbocharger, jadi kunci atas performa diesel dan kehalusan yang jauh lebih baik. Kualitas solar pun meningkat, seiring kian banyak mobil bermesin tanpa busi ini. Mesin 2KD-FTV 2,5 liter telah mendapat tempat di hati para penggemar diesel. Mesin ini lebih irit bahan bakar dan bertenaga dibandingkan mesin bensin 1TR-FE 2,0 liter. Daya tahannya teruji selama satu dekade belakangan. Performanya pun mudah ditingkatkan hingga di luar batas kewajaran. Anda dapat menemui banyak Innova diesel yang turun di ajang drag race melawan mobil sport sekalipun.

Di generasi terbaru All New Kijang Innova, mesin 2KD-FTV dipensiunkan untuk beralih ke 2GD-FTV. Jeroan mesin berbeda dan ditopang Variable Nozzle Turbocharger (VNT) serta intercooler. Tenaga dan torsi dihasilkan melonjak, walau kapasitas mesin lebih kecil 100 cc. Besaran tenaga 149 PS dan torsi 342-360 Nm, menjadikan mesin bensin terasa payah dan lemah.

Apalagi tidak ada perubahan berarti dari Innova varian bermesin bensin. Masih setia dengan 1TR-FE 4-silinder 2,0-liter yang terkenal ‘lemot’ dan boros. Ditingkatkan sedikit dengan ditambah teknologi Dual VVT-i, namun perubahannya tidaklah banyak. Output mesin sudah kalah dari diesel, 139 PS dan 183 Nm. Saat kami uji beberapa waktu yang lalu, konsumsi bahan bakar paling irit Innova 2.0 V transmisi manual hanya didapat 11,6 km/liter. Hasil itu didapat dari pengujian di tol dengan kecepatan rata-rata 62 km/jam dan pakai bensin RON 90. Versi matik bisa saja lebih boros.

Hasil jauh berbeda kami dapat ketika mengetes Innova 2.4 Q AT. Konsumsi teririt Innova bensin (11,6 km/liter) merupakan hasil didapat Innova diesel saat menembus kemacetan ibu kota. Saat pengujian tol, angka 19,6 km/liter dapat diraih dengan kecepatan rata-rata 86 km/jam. Torsi besar menghasilkan daya yang ringan, sehingga tidak perlu usaha banyak untuk menggerakkan kendaraan.

Diesel modern memiliki suara dan getaran jauh lebih halus dari diesel ‘jadul’. Gemeretak saat langsam tetap khas diesel pada umumnya. Tapi ketika sudah berjalan, hampir tak berbeda dengan mesin bensin. Dibutuhkan pula kualitas solar yang bagus agar sistem injeksi berbagai filter yang ada tidak mudah tersumbat.

Sedangkan mesin bensin 1TR-FE masih menyajikan karakteristik Kijang lawas. Mulai dari saat mesin menyala, suara bukaan throttle body, isapan air intake hingga akselerasi tak berubah banyak. Hanya saja segalanya dibuat semakin nyaman dan dilengkapi berbagai macam fitur terbaru. Lantas, pilih Innova bensin atau diesel?

Versi diesel menawarkan performa mumpuni yang lebih mengasyikkan ketimbang bensin. Tidak terasa tarikan berat atau “ngos-ngosan” terutama ketika sedang di jalanan luar kota. Tapi harap diingat, mesin semakin canggih belum tentu bertambah awet. Apalagi ada isu seputar mesin dan transmisi yang bermasalah. Ada bagian cacat dari turbo di mesin 2GD-FTV yang membuat suara siulan selalu berbunyi walau kondisi idle. Transmisi otomatis barunya juga terkadang ditemui gejala menyentak keras. Kondisi tersebut belum berdampak serius pada kondisi mobil keseluruhan. Tidak semua unit juga yang mengalaminya. Mungkin tidak menjadi masalah serius di kemudian hari. Tapi terasa menyebalkan bila mengingat Innova diesel D-4D tidak pernah mengalami masalah sama sekali, baik dari mesin ataupun transmisinya.

Pilihan aman, pilih saja Innova bensin. Mesin lawas yang sudah ada sejak lebih dari 10 tahun, belum mengalami perkembangan pesat dari sisi teknologi. Rekam jejaknya juga bersih tanpa pernah terdengar permasalahan yang ada. Mesin ini sangat kuat dan ‘bandel’ dipakai ratusan ribu kilometer. Perawatannya tergolong mudah dan murah dengan suku cadang berlimpah ruah. Konsekuensinya, hanya soal performa lemah dan konsumsi BBM boros saja.

Dan satu hal penting lagi, bila Anda memilih Innova diesel, siapkan dana lebih banyak Rp 30 juta dari harga Innova bensin. Selisih harga antara varian terendah diesel dengan varian bensin di atasnya menjadi sedikit. Contohnya, Harga Innova 2.4 G AT Rp Rp 350,1 juta dengan Innova 2.0 V AT Rp 364,5 juta. Anda bisa mendapatkan Innova dengan fitur lebih baik dengan beda harga Rp 16 juta saja.

Toyota Kijang Innova
Toyota Kijang InnovaRp 369,6 - 471,9 Juta
Dp Rp 92,4 JutaAngsuran : Rp 8,69 Juta x 36
4.82  | 191 Ulasan
Spesifikasi Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova tersedia dalam pilihan mesin 16 Petrol dan 8 Diesel di Indonesia MPV baru dari Toyota hadir dalam 24 varian. Kijang Innova tersedia dengan transmisi Manual and Otomatis tergantung variannya. Juga, tergantung pilihan dan jenis bahan bakar, konsumsi BBM Kijang Innova mencapai 12.4 kmpl,13 kmpl,8.6 kmpl untuk perkotaan, 12.7 kmpl,13.6 kmpl,18 kmpl saat menjelajah perjalanan luar kota. Kijang Innova adalah MPV 7 seater dengan panjang 4735 mm, lebar 1830 mm, wheelbase 2750 mm.

Spesifikasi Utama dari Toyota Kijang Innova

Jenis Transmisi
BensinOtomatis
 
DieselOtomatis
Kapasitas Tempat Duduk
Bensin7 Kursi
 
Diesel7 Kursi
Kapasitas mesin
Bensin1998 cc
 
Diesel2393 cc
Tenaga
Bensin137 hp
 
Diesel147 hp

Spesifikasi Teknik Toyota Kijang Innova

Kijang Innova ditawarkan dengan banyak fitur di setiap varian, sehingga membuatnya kompeten di segmen MPV. MEntenagai Kijang Innova V A/T Diesel adalah mesin 2393 cc yang menghasilkan 147 hp dengan torsi maksimum 360 Nm. Varian tertinggi Kijang Innova terbilang efisien dengan konsumsi BBM 12.4 kmpl untuk di dalam kota, dan 18.5 kmpl di jalan tol

G M/T GasolineMPV, Bensin, ManualRp 369,6 Juta
  • Detil Mesin
  •  
  • Kemudi
  •  
  • Velg & Ban
  •  
  • Transmisi
  •  
  • Suspensi & Rem
  •  
  • Performa
  •  
  • Kapasitas
  • Jumlah Silinder4
  • Katup per Silinder4
  • Konfigurasi KatupDOHC
  • Sistem Suplai Bahan BakarEFI
  • Mesin2.0L Petrol Engine, In-Line 4 Cylinder 16 Valve DOHC
G Luxury M/T GasolineMPV, Bensin, ManualRp 374,45 Juta
  • Detil Mesin
  •  
  • Kemudi
  •  
  • Velg & Ban
  •  
  • Transmisi
  •  
  • Suspensi & Rem
  •  
  • Performa
  •  
  • Kapasitas
  • Jumlah Silinder4
  • Katup per Silinder4
  • Konfigurasi KatupDOHC
  • Sistem Suplai Bahan BakarEFI
  • Mesin2.0L Petrol Engine, In-Line 4 Cylinder 16 Valve DOHC
G A/T GasolineMPV, Bensin, OtomatisRp 389,9 Juta
G Luxury A/T GasolineMPV, Bensin, OtomatisRp 396,3 Juta
G M/T DieselMPV, Diesel, ManualRp 397,1 Juta
G A/T DieselMPV, Diesel, OtomatisRp 418 Juta
V M/T GasolineMPV, Bensin, ManualRp 422,9 Juta
V Luxury M/T GasolineMPV, Bensin, ManualRp 429,12 Juta
V A/T GasolineMPV, Bensin, OtomatisRp 442,7 Juta
V Luxury A/T GasolineMPV, Bensin, OtomatisRp 449,2 Juta
V M/T DieselMPV, Diesel, ManualRp 452,5 Juta
V A/T DieselMPV, Diesel, OtomatisRp 471,9 Juta


Konfigurasi Toyota Kijang Innova

G M/T GasolineMPV, Bensin, ManualRp 369,6 Juta
  • Kenyamanan
  •  
  • Hiburan & Komunikasi
  •  
  • Instrumentation
  •  
  • Seats & Upholstery
  •  
  • Keselamatan
  •  
  • Keamanan
  •  
  • Eksterior
  • AC
  • Ventilasi AC Belakang
  • Power Outlet
  • Power Window Depan
  • Cup Holder - depan
  • Bottle Holder
  • Pemanas
  • Lampu baca
  • Engine Start Stop Button
  • Automatic Climate Control
  • Air Quality Control
  • Cup Holder - belakang
G Luxury M/T GasolineMPV, Bensin, ManualRp 374,45 Juta
  • Kenyamanan
  •  
  • Hiburan & Komunikasi
  •  
  • Instrumentation
  •  
  • Seats & Upholstery
  •  
  • Keselamatan
  •  
  • Keamanan
  •  
  • Eksterior
  • AC
  • Ventilasi AC Belakang
  • Power Outlet
  • Automatic Climate Control
  • Air Quality Control
  • Power Window Depan
  • Cup Holder - depan
  • Bottle Holder
  • Pemanas
  • Lampu baca
  • Engine Start Stop Button
  • Cup Holder - belakang
G A/T GasolineMPV, Bensin, OtomatisRp 389,9 Juta
G Luxury A/T GasolineMPV, Bensin, OtomatisRp 396,3 Juta
G M/T DieselMPV, Diesel, ManualRp 397,1 Juta
G A/T DieselMPV, Diesel, OtomatisRp 418 Juta
V M/T GasolineMPV, Bensin, ManualRp 422,9 Juta
V Luxury M/T GasolineMPV, Bensin, ManualRp 429,12 Juta
V A/T GasolineMPV, Bensin, OtomatisRp 442,7 Juta
V Luxury A/T GasolineMPV, Bensin, OtomatisRp 449,2 Juta
V M/T DieselMPV, Diesel, ManualRp 452,5 Juta
V A/T DieselMPV, Diesel, OtomatisRp 471,9 Juta

Kijang Innova Fitur Unggulan

Bandingkan Varian Kijang Innova oleh Spesifikasi

  • Semua
  •  
  • Bensin
  •  
  • Diesel
  • Kijang Innova G M/T Gasoline
    Rp 369,6 Juta
    Fitur Varian Dasar
    • Bensin
    • Manual
    • AC
    • Power Steering
    • Ventilasi AC Belakang
    • Power Outlet
    • Lingkar kemudi Dengan Tombol Multi Fungsi
    • Radio AM/FM
    • Speaker depan
    • Speaker belakang
    • Audio 2DIN
    • Sambungan Bluetooth
    • Soket USB
    • Power Window Depan
    • Lampu Pengingat Jumlah Bahan Bakar
    • Adjustable Seats
    • Headrest Kursi Belakang
    • Arm Rest Belakang Tengah
    • Lapisan berbahan kain
    • Pengaturan Posisi Stir
    • Layar Sentuh
    • Cup Holder - depan
    • Bottle Holder
    • Anti Lock Braking System
    • Sensor Parkir
    • Central Locking
    • Child Safety Locks
    • Kantong Udara Pengemudi
    • Airbag Penumpang Depan
    • Sabuk Pengaman Belakang
    • Sabuk Pengaman Depan dengan Penyesuai ketingg
    • Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman
    • Brake Assist
    • Crash Sensor
    • Alarm Mobil
    • Pengingat Pintu Terbuka
    • Pelindung Benturan Samping
    • Pelindung Benturan Depan
    • Spion Tengah Lipat
    • Engine Immobilizer
    • Tanki Bahan Bakar Diletakkan di Tengah
    • Adjustable Headlights
    • Kaca spion elektrik
    • Spion Lipat Elektrik
    • Velg alloy
    • Antena Terpadu
    • Lampu sein kaca Spion Luar
    • Odometer Digital
    • Pemanas
    • Tachometer
    • Electronic Multi Tripmeter
    • Jam Digital
    • Kursi Pengemudi Dengan Penyesuai Ketinggian
    • Vehicle Stability Control System
    • Engine Check Warning
    • EBD (Electronic Brake Distribution)
    • Anti Theft Device
    • Kursi Lipat Belakang
    • Lampu baca
    • Wiper Kaca Belakang
    • Cup Holder - belakang
    • Power Door Locks
    Lihat LainnyaLihat Promo
  • Kijang Innova G Luxury M/T Gasoline
    Rp 374,45 Juta
    + 3 Fitur Tambahan
    • Bensin
    • Manual
    • Automatic Climate Control
    • Air Quality Control
    • Meja Lipat Belakang
    Lihat Promo
    • Bensin
    • Otomatis
    Lihat Promo
  • Kijang Innova G Luxury A/T Gasoline
    Rp 396,3 Juta
    + 3 Fitur Tambahan
    • Bensin
    • Otomatis
    • Automatic Climate Control
    • Air Quality Control
    • Meja Lipat Belakang
    Lihat Promo
    • Diesel
    • Manual
    Lihat Promo
    • Diesel
    • Otomatis
    Lihat Promo
  • Kijang Innova V M/T Gasoline
    Rp 422,9 Juta
    + 3 Fitur Tambahan
    • Bensin
    • Manual
    • Automatic Climate Control
    • Lampu Kabut Depan
    • Meja Lipat Belakang
    Lihat Promo
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post